Sabtu, 17 Mei 2014

Beberapa Hal yang Menyebabkan Sakit Kepala

Anda tentunya pernah mengalami sakit kepala bukan? Pernahkan anda mengetahui apakah penyebab sakit kepala itu? Penyebab Sakit Kepala ternyata bukan hanya tekanan darah yang tinggi, stress atau gangguan pada otak yang dapat memicu sakit kepala, tapi hal sederhana seperti parfum atau makananpun dapat menyebabkan sakit kepala yang menggangu.

Berikut ini beberapa hal yang dapat menyebabkan sakit kepala :

1.          Udara panas.
Udara yang panas dapat menyebabkan sakit kepala. Penelitian menyebutkan setiap tahun temperatur suhu meningkat 9 derajat. Hal ini meningkatkan resiko sakit kepala juga meningkat 7,5 persen. Tekanan udara yang semakin rendah juga menyebabkan terjadinya migrain. Selain itu, polusi udara yang tinggi juga menjadi pemicu sakit kepala.

2.          Aroma yang menyengat.
Aroma yang kuat -bahkan menyenangkan- dapat menyebabkan serangan migrain. Mengapa hal ini terjadi, tidak jelas penyebabnya. Aroma dapat merangsang sistem syaraf. Paling sering ialah cat, parfum, dan beberapa bunga menjadi sumber aroma yang berbahaya. 

3.   Ikatan rambut, kepangan atau penggunaan headband yang terlalu kencang.
Ikatan rambut yang kencang dapat menyebabkan penghubung jaringan dikulit kepala menegang.

4.           Latihan fisik yang berlebihan,
Latihan fisik secara intens seperti aerobik, latihan kekuatan, dapat menyebabkan sakit kepala. Upaya fisik membuat pembuluh kepala dan leher "mengembang". Hal ini menciptakan tekanan tambahan dan sakit kepala.

5.          Gerakan atau postur tubuh yang salah.
Misalnya menjepit telepon diantara telinga dan pundak, duduk dengan kursi tanpa penyangga punggung, jarak pandang yang terlalu dekat atau terlalu jauh (misalnya pada monitor atau tv) .

6.           Zat tiramin
Atau zat yang terkandung didalam makanan yang proses pembuatannya memakan waktu lama, misalnya keju (termasuk blue cheese, keju cheddar, keju parmesan dan keju Swiss). Semakin lama proses pembuatan makanan tersebut, semakin banyak kandungan tiramin didalamnya. Tiramin juga banyak terdapat pada minuman beralkohol, dan kandungan alkohol tersebut juga dapat meningkatkan tekanan darah ke otak sehingga membuat Anda semakin pusing.

7.          Melewatkan makan.
Hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menurun. Saat perut kosong, hindari mengkonsumsi makanan manis, terutama permen, karena akan memperparah kadar gula darah. Belum lagi pada penderita gastritis, terlambat makan dapat memicu naiknya asam lambung dan dapat memberikan efek sakit kepala.

8.          Dehidrasi.
Kurangnya cairan juga dapat berdampak pada keseimbangan sel dalam tubuh kita, yang dapat memberikan manifestasi berupa sakit kepala.

9.           Asap rokok.
Nikotin yang terkandung didalamnya menyebabkan pembuluh darah pada otak menyempit. Terutama bagi penderita migrain, asap rokok akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat, bahkan akan berpengaruh juga pada mata dan hidung.

10.    Terlalu banyak mengkonsumsi kopi (kafein)
Bagi orang yang menderita sakit kepala, kopi sering termasuk dalam kategori "tidak bisa hidup tanpa itu, dan tidak bisa hidup dengan baik".
Dalam jumlah sedang, kafein bahkan berguna. Diketahui bahwa itu adalah bagian dari beberapa obat untuk sakit kepala. Tetapi jika Anda minum cangkir setelah cangkir, itu menghasilkan efek sebaliknya. 

11.      Stres
Apapun yang meningkatkan stres dapat menyebabkan sakit kepala yang memberikan ketegangan atau migrain. Sakit kepala berhubungan dengan peningkatan sensitivitas jalur saraf di otak, yang  mentransfer rasa sakit.
Migrain menyebabkan pelepasan bahan kimia yang melebarkan pembuluh darah, bahkan memicu reaksi peradangan. Ini diwujudkan dalam kasus migrain. 

12.      Anggur merah
Anggur (wine) merupakan makanan hasil fermentasi biasanya mengandung kadar tiramin. Tiramin adalah zat yang memiliki efek vasoknstriksi vaskuler atau penyempitan pembuluh darah yang secara langsung dapat menyebabkan aliran darah semakin kecil. Makanan yang mengandung kadar tiramin tinggi semakin berpengaruh terhadap tingginya tekanan darah pada pasien Sehingga pada pasien hipertensi, konsumsi makanan bertiramin tinggi perlu dikurangi.

13.    Makan daging merah
Potongan daging merah yang lezat juga mengandung tyramine, meskipun dalam jumlah yang lebih kecil. Selain tyramine, daging juga mengandung bahan tambahan makanan sintetis, nitrat atau nitrit -untuk warna dan sebagainya- yang dapat menyebabkan aliran darah ke kepala di antara beberapa orang.
Nyeri ini biasanya dirasakan pada kedua sisi kepala. Sedangkan dalam kasus klasik migrain dirasakan pada satu sisi.

14.    Terlalu banyak konsumsi obat pereda sakit kepala
Jika Anda sering mengalami sakit kepala, maka perlu untuk mengetahui penyebabnya. Untuk itu, Anda harus membuat semacam buku harian dan catatan kapan dan dalam keadaan apa sakit kepala muncul, apa makanan yang dimakan pada waktu itu. Pijat, peregangan, makan sehat, dan istirahat yang cukup sangat membantu untuk menyingkirkan sakit kepala.
Salah satu hal yang tidak boleh dilakukan ialah mengonsumsi terlalu banyak obat untuk sakit kepala. Namun jika rasa sakit masih kuat dan muncul secara teratur, maka Anda harus menemui dokter. Setiap rasa sakit adalah sinyal bahwa perlu untuk mengobatinya

Usahakan untuk menghindari penyebab sakit kepala di atas dalam kehidupan Anda sehari-hari. Adapun beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah sakit kepala itu timbul lagi, adalah :
  1. Kelola stress dengan baik, misalnya dengan melakukan meditasi atau pemijatan.
  2. Olahraga. Berjalan kaki adalah pilihan yang pas, karena dengan berjalan kaki, gerakan tangan yang mengayun akan membuat otot leher dan pundak menjadi lebih rileks.
  3. Makan dengan teratur akan menjaga kadar gula dalam darah tetap normal.
  4. Terapi fisik.

Sumber bacaan :
  1. http://lifestyle.okezone.com/read/2011/06/10/195/466895/12-penyebab-sakit-kepala
  2. http://meetdoctor.com/article/10-penyebab-sakit-kepala?utm_source=FB&utm_medium=FB_Ads&utm_campaign=sakit+kepala#
  3. http://life.viva.co.id/news/read/42834-cuaca_panas_picu_sakit_kepala
  4. http://id.wikipedia.org/w/index.php?search=tiramin&title=Istimewa%3APencarian&go=Tuju+ke
  5. https://id-id.facebook.com/MinyakGorengTropical/posts/215273805321878

0 komentar: