Senin, 28 April 2014

Makanan yang Ampuh Lawan Selulit

Selulit adalah satu momok yang ditakuti oleh wanita . Selain susah dihilangkan, selulit yang parah dapat menyebabkan gatal. Karena itu, kulit merupakan bagian tubuh yang sangat penting, yang melindungi kita. Perawatan kulit menjadi salah satu hal penting demi memperoleh kulit yang sehat dan cantik. 
Pengertian Selulit dan Penyebabnya
Selulit merupakan timbunan lemak di bawah kulit yang tampak tidak rata dan bergumpal-gumpal. Akibatnya, kulit terlihat bergelombang seperti kulit jeruk. Bedanya, jika kulit jeruk dipegang terasa halus, maka selulit terasa kasar. Tak ada yang tahu pasti penyebab selulit, namun beberapa faktor diketahui berperan dalam pembentukannya.
Faktor tersebut antara lain kelebihan berat badan, regangan otot, kelelahan, kebiasaan merokok, kurang olah raga, alkohol, obat-obatan, usia, genetik, dan struktur lemak yang berbeda pada tiap wanita diketahui sangat berperan dalam merusak jaringan ikat kulit, sehingga kulit tampak bergelombang.
Ada peneliti yang mengatakan bahwa selulit diturunkan secara genetik, namun ada yang mengatakan selulit disebabkan oleh konsumsi lemak yang berlebihan, kurang olahraga, dan sirkulasi darah yang kurang baik.

Usia Kemunculan Selulit
Selulit dapat terbentuk pada gadis usia 14 tahun atau pubertas dan menjadi lebih sering pada usia 30-an tahun. Pertambahan massa lemak pada wanita kira-kira 4-8 kg per dekade selama hidupnya, sehingga semakin banyak lemak yang tertimbun, makin besar kemungkinan terbentuk selulit.
Usia tua yang memicu penipisan lapisan kulit di atas jaringan lemak, menjadikan gumpalan lemak akan lebih mudah terlihat di permukaan sehingga memudahkan terbentuknya selulit, selain dari gaya hidup yang kurang baik, konsumsi makanan berkalori tinggi dan berlemak yang tidak terkontrol

Tahukan Anda ternyata beberapa jenis makanan yang dapat mengurangi selulit yang ada pada kulit Anda? Berikut beberapa makanan tersebut :

1. Air Putih
Minum air yang cukup dapat membantu tubuh kita dari bahaya dehidarasi sekaligus melawan selulit. Sel-sel lemak yang menonjol di kulit bisa juga diakibatkan karena dehidrasi, jadi pastikan Anda banyak mengonsumsi minum air putih sepanjang hari.

2. Kedelai
Kandungan omega 6 serta asam lemak yang terdapat pada kedelai dan biji bunga matahari dipercaya dapat mencegah munculnya selulit.

3. Gandum
Kandungan vitamin, mineral, serta lemak sangat ideal untuk memerangi selulit yang hadir pada kulit. Konsumsilah makanan yang banyak mengandung serat seperti beras merah dan bayam untuk mendapatkan kulit halus dan bebas selulit.

4. Buah
Buah sangat penting untuk memerangi hadirnya selulit dan memberikan berbagai vitamin dan serat. Sebagian besar buah-buahan tinggi kandungan air yang dapat menurunkan berat badan serta selulit. Pastikan buah-buahan tak pernah ketinggalan dalam menu makanan Anda sehari-hari.

5. Sayuran Hijau
Sayuran berwarna hijau seperti bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung lutein yang dapat melawan selulit dan mencegah timbunan lemak. Manfaat lainnya adalah dapat meningkatkan hidrasi dan elastisitas kulit.

6. Salmon 
Makan ikan salmon yang kaya akan antioksidan mampu memecah sel lemak yang menyebabkan selulit. Selain itu, asam lemak omega-3 di dalamnya juga menurunkan inflamasi dan memperkuat jaringan kulit.

7. Kuaci 
Kuaci dari biji bunga matahari adalah makanan yang kaya akan vitamin E, kalium, dan seng, serta vitamin B6. Semuanya termasuk nutrisi penting yang memperkuat dan memperbaiki jaringan kulit serta mencegah timbulnya selulit.

8. Cabai

Suka makanan pedas? Ada kabar baik bagi para pecinta cabai. Sebab makanan ini juga termasuk ampuh menghilangkan selulit jika dikonsumsi. Kandungan vitamin B6 di dalamnya memperkuat jaringan kulit. Makan cabai juga mempercepat metabolisme dalam membakar lemak.

9. Berry berwarna gelap
Baik blueberry dan blackberry bisa dikonsumsi jika ingin selulit pergi. Sebab kedua jenis buah berry berwarna gelap tersebut mengandung antioksidan yang berfungsi memecah sel lemak dan memperbaiki jaringan kulit yang rusak.

10.Cuka apel 
Cuka apel cocok dinikmati sebagai bumbu salad maupun bahan masakan lainnya. Di dalam cuka apel terdapat kalium, magnesium, dan kalsium yang mengusir racun dari dalam tubuh. Hasilnya, kulit menjadi lebih bersih dan bebas dari selulit.

11.Teh hijau
Minum teh hijau dan jenis teh herbal lainnya bukan cuma menenangkan tubuh, tetapi juga mempercepat metabolisme yang membakar lemak. Sel-sel lemak yang terbakar itu pun tak akan muncul lagi dan membantu selulit pada kulit.

12.Minyak zaitun
Tidak semua lemak itu jahat, salah satunya adalah minyak zaitun yang merupakan sumber lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Dengan mengonsumsi minyak zaitun, kinerja metabolisme akan lebih stabil. Pembakaran lemak bisa dilakukan secara maksimal dan selulit pun menghilang. 

13.Cokelat hitam
Makanan terakhir yang ampuh mengusir selulit adalah cokelat hitam. Kandungan cokelat hitam yang penuh antioksidan memang ampuh memecah sel lemak dalam selulit dan mengembalikan fungsi sel seperti sedia kala. Makan cokelat hitam pun dilaporkan membuat tubuh semakin ramping.

Sumber bacaan :
  1. http://www.solopos.com/2014/04/28/tips-hidup-sehat-makanan-ini-ternyata-ampuh-lawan-selulit-504967
  2. http://www.obatselulit.com/pengertian-selulit/
  3. http://www.jawaban.com/index.php/health/detail/id/67/news/100825154416/limit/0/Selulit-Siapa-Takut.html
  4. http://ariswildan.blogspot.com/2013/09/8-makanan-yang-ampuh-menghilangkan.html

0 komentar: