Senin, 23 Februari 2015

Seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) MGMP IPA Pokja III Kab. Karanganyar

Seperti sudah kita ketahui bahwa salah satu syarat kenaikan pangkat bagi guru adalah dituntut mengadakan penelitian tindakan kelas (PTK). Sehubungan dengan hal tersebut   MGMP IPA Pokja III Kab. Karanganyar baru mengawali mengadakan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan harapan Laporan PTK nanti dapat diajukan untuk Pengusulan Angka Kredit.

Pada tahap awal, guru yang mengadakan seminar adalah Drs, Sarlan. Beliau juga selaku Ketua MGMP IPA Pokja III Kab. Karanganyar.

Dalam PTK-nya Drs. Sarlan  mengambil judul "Strategi Belajar Mengajar dengan Menerapkan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas 8C, SMPN 1 Jumantono, Karanganyar, Tahun 2013"

Inti hasil penelitian Drs Sarlan adalah sebagai berikut:

Penggunaan metode elsperimen diharapkan dapat meningkatkan aktivotas siswa da;am proses belajar mengejar sehingga dalam proses belajar mengajar itu aktivitas belajar mengajae tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep yang diajarkan guru dapat dipahami oleh siswa.

Masalah yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah (a) bagaumanakah peningkatan prestasi belajar fisika dengan diterapkannya metode eksperimen? (b) Bagaimanakah pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar siswa?

Sedangkan tujuan penelitian adalah (a) Ingin mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diterapkannya metode eksperimen, (b) Ingin mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa setelah diterapkan metode eksperimen.


Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi dan revisi. 


Sasaran penelitian adalah siswa kelas  8C, SMPN 1 Jumantono, Karanganyar. Data yang diperoleh berupa hasil ters formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar,


Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I 60,47%, siklus II 72,10% dan siklus III 90,70%.


Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode eksperimen dapat berpengaruh positif terhadap prestasi dan motivasi belajar siswa 
kelas 8C SMPN 1 Jumantono, Karanganyar, serta metode pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran fisika.

Pada kegiatan seminar tersebut juga dihadiri oleh Pengawas SMP Dinas Dikpora Kab. Karanganyar Dra. Surati Rahayuningsih, M.Pd. dan Wakil Ketua MKKS SMP Kab. Karanganyar sekaligus konsultan IPA SMP Kab. Karanganyar Drs. H. Sri Muladi M.Pd.


Foto-foto kegiatan









0 komentar: