Senin, 11 Mei 2015

Persamaan Persepsi Guru IPA SMP Kab. Karanganyar Menghadapi Tahun Pelajaran 2015/2016

MGMP  IPA SMP  KAB. KARANGANYAR
Tahun pelajaran 2014/2015 akan segera berakhir dan disambung dengan tahun pelajaran 2015/2016. Untuk menghadapi tahun pelajaran 2015/2016 MGMP IPA Kab. Karanganyar mengadakan pertemuan yang diadakan di Jawadwipa Resto Karangpandan Karanganyar. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan langkah ke depan menghadapi tahun pelajaran 2015/2016 dimana pada Kab. Karanganyar dan juga di daerah lain menggunakan dua macam kurikulum yaitu kurikulum 2006 dan kurikulum 2013. 

Bagi sekolah yang melaksanakan kurikulum 2013 materi dan perangkat pembelajaran masih mengacu pada perangkat dan materi dari pemerintah. Silabus dan materi sudah disediakan pemerintah, tetapi guru harus menyusun sendiri  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja (LK) yang berpedoman pada sekolah masing-masing.

Bagi sekolah yang melaksanakan kurikulum 2006 atau KTSP materi telah disediakan oleh pemerintah, namun perangkat yang lain yaitu Silabus, RPP dan Lembar Kerja (LK) guru harus menyusun sendiri.
Dalam pertemuan ini MGMP lebih banyak membicarakan perangkat pembelajaran khusunya untuk sekolah yang melaksanakan kurikulum 2006 atau KTSP karena sekolah yang melaksakanan kurikulum ini jumlahnya lebih banyak.
Adapun materi pertemuan ini dibicarakan :

1. Pemetaan Materi IPA pada tahun pelajaran 2015/2016

Karena masih menggunakan kurikulum 2006 atau KTSP dimana SK DAN KD sub mata pelajaran Fisika dan Biologi masih dapat dipisahkan maka pada pertemuan ini dibicarakan bagaimana pemetaan materi IPA untuk tahun pelajaran 2015/2016 untuk tiap tingkat kelas tiap semester. Hasil dari kesepakatan tersebut adalah sebagai berikut:
Pembagian SK KD IPA  Kelas VII SMP Kab. Karanganyar
Pembagian SK KD IPA  Kelas VIII SMP Kab. Karanganyar
Pembagian SK KD IPA  Kelas XI SMP Kab. Karanganyar

2.  Format Lembar Kerja (LK)

Untuk emnunjang kelancaran kegiatan belajar mengajar MGMP IPA SMP Kab. Karanganyar sepakat menyusun Lembar Kerja (LK). Biaya penggandaan LK ditanggung oleh BOS sehingga siswa tinggal memanfaatkan tidak terbebani biaya penggandaan LK.
Adapun format LK yang disepakati adalah sebagai berikut:
  1. Pendahuluan (Landasan Teori dapat berupa Uraian Singkat Materi)
  2. Isi (Kegiatan Siswa, praktikum, diskusi, rubrik penilaian)
  3. Soal-soal berbasis kegiatan yang dilakukan siswa.
3.  Program Kerja MGMP

Pada tahap ke-3 dibahas kegiatan MGMP Kabupaten. Disepakati bahwa kegiatan MGMP Tingkat Kabupaten tetap dilaksanakan disamping kegiatan Pokja. Selama satu tahun kegiatan MGMP tingkat kabupaten dilaksanakan minimal 3 (tiga) kali. Adapan jenis kegiatan MGMP Tingkat Kabupaten diharapkan bervariasi

Pada tahun pelajaran 2014/2015 kegiatan MGMP Kabupaten adalah Seminar Pembelajaran Kurikulum 2013 dan Seminar Pengembangan Profesi Guru dalam Publikasi Ilmiah
Kedepan diharapkan ada kegiatan lain yang tidak kalah menarik seperti merancang media pembelajaran, alat pembelajaran, pembahasan materi esensial dengan mengundang pakar, studi banding, workshop Pembuatan Karay Ilmiah dan sebagainya.

Foto-foto Kegiatan







0 komentar: