Jumat, 06 Juni 2014

Manfaat dan Khasiat Kopi

(Efek Positif dan Negatif Kopi)

Semua orang pasti sudah tahu, mengenali bahkan pernah minum atau merasakan kopi. Baik dari minuman ataupun makanan yang dibuat menggunakan kopi sebagai salah satu bahannya.  Bahkan saya yakin orang diseluruh dunia mengenal kopi.

Kebanyakan orang berpendapat atau memandang bahwa kopi sebagai minuman yang hanya mendatangkan efek tidak baik. Ada yang beranggapan dengan minum kopi dapat meningkatkan tekanan darah/memacu kerja jantung, sulit tidur, dan sebagainya. Namun rasanya tidak adil bahwa miunuman kelas dunia itu dipandang sebagai muniman yang mendatangkan efek negatif saja.
Ternyata pendapat bahwa minum kopi hanya mendatangkan efek buruk saja tidak sepenuhnya benar. Mengkonsumsi atau minum kopi secara teratur dan tidak berlebihan bahkan dapat mendatangkan manfaat bagi kesehatan kita. Kopi mengandung zat yang disebut kafein. Kafein adalah senyawa kimia alkaloid dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan zat kafein yang terdapat dalam kopi adalah antara 1 hingga 1,5%. Kafein ini tidak hanya memiliki efek negatif saja tetapi juga efek positif.
A.    Efek Positif Kopi Bagi Kesehatan
        Beberapa efek positif kopi bagi kesehatan diantaranya :

1.    Mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer
    Penyakit Alzheimer adalah sebutannya alz-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot sehingga  pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri

2.    Mengurangi resiko terkena penyakit Parkinson
      Penyakit Parkinson (bahasa Inggris: paralysis agitans, Parkinson disease) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson dengan gejala yang paling sering dijumpai adalah adanya tremor pada saat beristirahat di satu sisi badan, kemudian kesulitan untuk memulai pergerakan dan kekakuan otot. Parkinson menyerang sekitar 1 di antara 250 orang yang berusia di atas 40 tahun dan sekitar 1 dari 100 orang yang berusia di atas 65 tahun. Parkinson Primer disebabkan berkurangnya dopamin, karena bertambahnya usia, sedangkan Parkinson Sekunder disebabkan terhambatnya pengaliran dopamin yang bisa saja disebabkan oleh tumor, stroke, gangguan pembuluh darah dan trauma. (id.wikipedia.org).

3.    Mempertajam ingatan
    Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu
  Sebuah penelitian pada tahun 2005 lalu yang dilakukan oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapat membantu meningkatkan ingatan jangka panjang dan pendek dengan kecepatan reaksi seseorang. Uniknya, hal tersebut hanya dapat berlaku bagi wanita saja, tidak berlaku bagi pria.
4.     Membantu meredakan sakit kepala.
   Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil
   Menurut Seimur Damond, M,D dari Chicago’s Diamond Hadche Clinic, bahwa kandungan kafein yang terdapat didalam kopi dapat mengurangi penderitaan karena sakit kepala. Hal tersebut membuktikan bahwa penderita sakit kepala atau migrain ringan telah terbukti dapat disembuhkan dengan meminum kopi pekat.

5.    Kopi merupakan aktif antioksidan
     Kopi juga mengandung senyawa antioksidan dalam jumlah yang cukup banyak. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas and mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif.
    Ada beberapa bentuk antioksidan, di antaranya vitamin, mineral, dan fitokimia. Berbagai tipe antioksidan bekerja bersama dalam melindungi sel normal dan menetralisir radikal bebas.
   Radikal bebas adalah spesies yang tidak stabil karena memiliki elektron yang tidak berpasangan dan mencari pasangan elektron dalam makromolekul biologi. Adanya antioksidan dapat membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh senyawa radikal bebas, seperti kanker, diabetes, dan penurunan respon imun. Beberapa contoh senyawa antioksidan yang terdapat di dalam kopi adalah polifenol, flavonoid, proantosianidin, kumarin, asamklorogenat,dan tokoferol. Dengan perebusan, aktivitas antioksidan ini dapat ditingkatkan.(id.wikipedia.org)

6.    Merupakan diuretic yang kuat
Diuretik adalah obat yang dapat menambah kecepatan pembentukan urin. Istilah diuresis mempunyai dua pengertian, pertama menunjukkan adanya penambahan volume urin yang diproduksi dan yang kedua menunjukkan jumlah pengeluaran zat-zat terlarut dalam air.
Fungsi utama diuretik adalah untuk memobilisasi cairan udem yang berarti mengubah keseimbangan cairan sedemikian rupa sehingga volume cairan ekstrasel menjadi normal.
Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
7.    Mengurangi resiko terkena batu ginjal
    Peneliti di Harvard menemukan bahwa bagi wanita yang mengkonsumsi empat cangkir kopi sehari, akan mengurangi resiko 25 persen lebih rendah terkena penyakit batu ginjal. Selain itu, penelitian yang lainnya juga pernah melakukan hal tersebut sebelumnya dan ternyata hasilnya sama dengan peneliti Harvard.

8.    Mengurangi resiko serangan jantung hingga stroke
    Kandungan yang terdapat dalam kopi dapat menghidarkan dari kita dari penyakit serangan jantung bahkan hingga stroke hal tersebut diperkuat dengan adanya hasil penelitian dari sejumlah 83000 wanita dalam usia 24 tahun memiliki resiko 18% lebih rendah jika dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi. Penelitian tersebut mereka meminum kopi 2-3 cangkir kopi dalam satu hari.
    Dalam sebuah penelitian melalui studi kasus terhadap sejumlah wanita telah menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi dalam standar konsumsi yang baik, ternyata memiliki resiko lebih rendah terhadap serangan stroke daripada wanita yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal itu didukung dengan hasil penelitian lain di Finlandia yang membenarkan hasil studi kasus tersebut.
9.    Mengurangi resiko diabetes tipe-2
Penelitian menemukan bahwa peminum kopi memiliki resiko lebih  rendah terkena diabetes tipe 2. Karena bagi orang yang mengkonsumsi empat cangkir kopi dalam sehari, memiliki resiko terkena diabtes tipe-2 sebesar 50% lebih rendah daripada orang yang tidak mengkonsumsi kopi. Hal tersebut telah melalui penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry yang telah diterbitkan pada awal bulan Januari 2012 tahun lalu.
Riset lain dari Universitas California di Los Angeles (UCLA) menyebutkan meminum kopi meningkatkan tingkat plasma dari globulin pengikat hormon sex (SHBG) yang mengendalikan aktivitas biologis dari hormon-hormon sex (testosteron dan estrogen) yang berperan dalam mengembangkan diabetes tipe 2.

10. Menangkal kanker termasuk kanker kulit
Kopi tidak saja membuat anda memiliki suasana hati yang baik akan tetapi dapat membantu melawan penyakit yang berbahaya seperti kanker. Kandungan antioksidan yang cukup tinggi yang terdapat di dalam kopi mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis kanker. Hal tersebut telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang terhadap sejumlah wanita, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi kopi 2 cangkir dalam sehari beresiko 25% lebih rendah terhadap serangan kanker usus besar. Resiko kanker kulit dapat diturunkan dengan mengkonsumsi kopi dengan porsi yang tepat.
11. Mencegah Depresi
Sebuah penelitian menumukan adanya hubungan antara depresi dengan minum kopi. Apalagi pada wanita yang sering kali mendapatkan depresi oleh beberapa kegiatan sehari-hari. Kandungan kopi dapat membantu meminimalisir depresi. Bagi yang mengkonsumsi kopi akan mengurangi 10 persen depresi dari pada mereka yang tidak mengkonsumsi sama sekali. Meskipun kandungan kafein terdapat pada soda, akan tetapi penelitian ini tidak menemukan hubungan antara minuman soda dengan penurunan depresi dikarenakan kandungan gula yang terlalu tinggi. Sehingga untuk anda yang ingin mendapatkan manfaat kopi sebaiknya kurangi kandungan gula yang berelebih.
Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 lalu, menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi dua atau tiga cangkir kopi setiap hari, 15 persen lebih rendah memiliki resiko terkena depresi. Sementara bagi wanita yang mengkonsumsi empat gelas kopi setiap hari, 20 persen lebih rendah terkena depresi.

12. Menghindari stres dan putus asa
Pada sebuah penelitian, wanita yang mengkonsumsi maksimal 2 cangkir kopi sehari mengurangi risiko bunuh diri pada wanita. Aroma kopi diyakini mempunyai peranan dalam mengurangi stress karena memicu aktivitas gen untuk melindungi sel-sel saraf. Walaupun demikian para peneliti mengingatkan bahwa mengkonsumsi lebih dari empat cangkir kopi setiap hari akan merugikan kesehatan anda.

13. Mengurangi Resiko Liver
Kopi telah teruji mampu mencegah sirosis hati dan beberapa penyakit hati lainnya, seperti mengurangi resiko penyakit liver. Hal ini di karenakan tingginya kandungan antioksidan serta kandungan kafein yang terdapat dalam setiap biji kopi.

14. Mencegah Resiko Kanker Mulut dan Melindungi Gigi
Senyawa yang terdapat di dalam kopi dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu saja, ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan anti perekat yang sangat baik untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada gusi.

15. Meningkatkan Metabolisme
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2006 menunjukkan bahwa kopi dapat meningkatkan metabolisme, terutama bagi wanita. Selain itu, kopi juga dapat membantu sahabat untuk menjaga atau menurunkan berat badan yang berlebih.

Efek positif di atas dapat kita peroleh jika mengkonsumsi kopi tidak berlebihan. Disarankan untuk minum kopi hanya 1 sampai dengan 3 cangkir per hari dengan meminimalkan penambahan gula dari gula putih. Misalnya cukup 1 sendok teh setiap cangkir.

B.    Efek Negatif Kopi Bagi Kesehatan
        Beberapa efek negatif kopi diantaranya adalah  :
1.     Kopi dapat menyebabkan konstipasi
Konstipasi atau sering disebut sembelit adalah kelainan pada sistem pencernaan di mana seorang manusia (atau mungkin juga pada hewan) mengalami pengerasan tinja yang berlebihan sehingga sulit untuk dibuang atau dikeluarkan dan dapat menyebabkan kesakitan yang hebat pada penderitanya. Konstipasi yang cukup hebat disebut juga dengan obstipasi. Dan obstipasi yang cukup parah dapat menyebabkan kanker usus yang berakibat fatal bagi penderitanya.
2.  Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila di konsumsi dalam jumlah berlebihan.
Karang gigi atau "kalkulus gigi" terbuat dari plak dan zat kapur yang berada di air liur. Plak sendiri terdiri dari lapisan bening di gigi ( perikel ) dan kuman. Di dalam mulut kita terdapat lebih dari 350 jenis kuman yang dapat menyebabkan karies. Jika di gigi atau sela-sela gigi terdapat banyak makanan yang tidak di bersihkan maka kuman akan mencerna makanan tersebut, lama-kelamaan akan menyebabkan karang gigi.
3.     Meningkatkan resiko terkena stroke
Sebuah penelitian yang dimuat dalam journal of neurology, neurosurgry and psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.
4.  Kafein juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat marah.
Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun.
5.     Meningkatkan denyut jantung
Pada wanita hamil juga disarankan tidak mengkonsumsi kopi dan makanan yang mengandung kafein. Hal ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.
6.    Peningkatan Asam Lambung
Walaupun kopi memiliki banyak manfaat, kopi dikenal dapat meningkatkan kegelisahan. Dosis konsumsi yang terlalu banyak tidak bisa diterima semua orang. Selain itu, tingkat keasaman kopi yang tinggi dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih.

7.     Membahayakan Gangguan Mata
Gangguan mata dipengaruhi oleh kafein, zat yang dikandung dalam kopi. Gangguan tersebut disebut exfoliation glaucoma. "Minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, ditemukan terkait dengan peningkatan gangguan pada glaucoma, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma," kata Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women's Hospital in Boston.
"Mereka yang berisiko pada gangguan ini, terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma sangat dianjurkan untuk membatasi asupan kopi, kurang dari tiga cangkir per hari," sambungnya, seperti dikutip Sciencedaily.

Studi tersebut melibatkan 79 ribu responden wanita. Dari data kesehatan yang diambil terhadap pemeriksaan mata, dan kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak konsumsi kopi per hari, terbukti peringkat teratas untuk kasus gangguan mata akibat kopi. Mereka terbukti mengkonsumsi kopi tiga cangkir lebih dalam satu hari.
Gejalanya ialah penekanan pada bola mata. Kemudian bisa menyebabkan kerusakan syaraf optik lainnya disekitar mata. Ini yang menyebabkan kebutaan permanen. Risiko kerusakan mata ini semakin meningkat bila Anda semakin banyak mengkonsumsi kafein.

Sumber bacaan :
  • http://www.doktergaul.com/blog/efek-positif-dan-negatif-kopi-bagi-kesehatan/3626.html
  • http://www.manfaatkopi.com/
  • http://bidanku.com/7-manfaat-minum-kopi-untuk-kesehatan-wanita
  • http://mey20.wordpress.com/kesehatan/bahaya-dan-manfaat-kopi-bagi-kesehatan/
  • http://www.cantikinfo.net/2013/04/manfaat-kopi-bagi-kecantikan-wajah-dan.html
  • http://id.wikipedia.org
  • http://www.likethisya.com/manfaat-kopi.html
  • http://kumpulan-farmasi.blogspot.com/2011/01/diuretik.html
  • http://kesehatan96.blogspot.com/2013/03/efek-buruk-dari-minum-kopi.html