Jumat, 02 Januari 2015

Kapan Pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTs dan SMA/SMK?

Pemerintah menetapkan bahwa pelaksanaan Ujian Nasional (Unas) akan digelar pada bulan April 2015. Adapun lebih jelasnya adalah bahwa untuk tingkat SMA/SMK dan yang sederajad dilaksanakan pada tanggal 13 sampai dengan 15 April 2015 (selama 3 hari) untuk sebanyak 6 (enam) mata pelajaran pada tiap-tiap jurusan. Sedangkan untuk tingkat SMP/MTs dan yang sederajad akan dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 30 April 2015 (selama 4 hari) untuk 4 (empat) mata pelajaran yang yang diujikan secara nasional. Hal tersebut disampaiakan oleh Nizam selaku Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Ketetapan tersebut tertuang dalam Prosedur Operasional Standar (POS) yang disusun oleh BSNP. Meskipun hingga saat ini POS masih dalam tahap revisi namun dipastukan tidak akan mengubah tanggal pelaksanaan Ujian Nasional kata Nizam .
Sehubungan dengan gonjang ganjing masalah Kurikulum 2013, orang tua, siswa, dan masyarakat tidak perlu cemas atau kawatir karena pelaksanaan Ujian Nasional tahun ini masih menggunakan Kurikulum 2006 atau KTSP. Artinya materi yang diujikan atau Standar Kompetensi Lulusan (SKL) ujian nasional tahun 2015 masih sama dengan tahun sebelumnya.

Lepas dari materi ujian nasional, masalah proses meggandakan soal ujian nasional, pada tahun ini masih tetap menggunakan sistem lelang, namun proses lelang dilaksanakan oleh perwakilan tiap-tiap provinsi. Oleh jkarena itu mulai proses cetak, distribusi hingga pelaksanaan menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi.

Perusahaan percetakan yang berminat mengikuti tender bisa mendaftarkan ke pemerintah provinsi. Sebuah perusahaan percetakan boleh mengikuti tender di lebih dari satu provinsi, tergantung pada kapasitas percetakan masing-masing.

Demikian posting sore hari ini, mudah-mudahan bermanfaat.

0 komentar: